Selasa, 26 Maret 2013

FSDA-VI



FSDA-VI

        FSLDK / FSDA merupakan event besar 2 tahunan yang diadakan oleh Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Daerah. Forum ini adalah suatu wadah untuk silaturahmi dan koordinasi antar Lembaga Dakwah Kampus di Indonesia. Jadi, harapan dari kegiatannya ini adalah setiap Lembaga Dakwah Kampus (LDK) yang ada khususnya di daerah Surabaya Raya mampu saling bertukar informasi tentang bagaimana perkembangan dan kondisi LDK di masing – masing kampusnya. Selain itu juga diharapkan mampu meningkatkan ukhuwah antara LDK satu dengan LDK yang lain yang akhirnya mampu saling meningkatkan semangat dakwahnya kembali ditengah hambatan – hambatan yang ada.
       Agenda lain yang dilakukan pada FSDA  kali ini (FSDA-VI) adalah pemilihan ketua PUSKOMDA periode 2013-2015 dan tuan rumah FSDA-VII Suraya. Adapun yang dimaksud PUSKOMDA adalah Pusat Komunikai Daerah yang berlaku sebagai koordinator guna menyatukan gerak langkah dakwah FSLDK di tingkat daerah. Jadi, tujuan lain dengan diadakannya FSDA ini ialah untuk menterjemahkan hasil FSLDKN (Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus Nasional ) dan bagaimana peran LDK di tingkat daerah.
FSDA Surabaya Raya (Suraya) ini memiliki delapan kota yang menjadi cakupannya yakni Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Bojonegoro dan Madura. Pada FSDA-VI kali ini diadakan di Universitas Trunojoyo Madura (tuan rumah) yakni pada tanggal 22 – 24 Februari 2013. Adapun elemen FSLDK yang mengikuti FSDA kali ini ada sebanyak 11 LDK yakni JANUR UKMKI UNAIR, JMMI ITS, UKMBKI UWKS, UKKI UBAYA, UKKI PENS, JKMKI UNTAG,  UKKI UNESA, MKMI UTM, UKKI STAIL, SKIP POLTEKES, UKM KI STIKES DIAN HUSADA. Dari ke sebelas universitas ini berkumpul dalam suatu forum guna mencapai tujuan bersama yakni untuk memperlancar jalan dakwah kampus selanjutnya.
        Dalam FSDA ini LDK-LDK yang disebut di atas mampu mendapatkan banyak keuntungan dari acara ini, yakni saling berbagai mengenai perkembangan dakwah di masing-masing kampusnya, meng-upgrade semangat dakwah dari beberapa diskusi yang dilakukan dengan para tamu besar undangan serta yang terpenting adalah adanya “Sekolah  LDK”. Dalam sekolah ini terbagi menjadi empat kelas yakni kelas Kaderisasi, Bargaining Position, Syiar, dan Mandiri Financial. Setiap ADK diberikan kesempatan untuk memilih salah satu dari kelas tersebut yang menurutnya mampu menunjang amanah yang di dapat di LDK-nya masing-masing. Tentu kesempatan berharga ini tidak disia-siakan oleh para peserta FSDA, terbukti dengan adanya beberapa tim dari kelas pendanaan yang sangat antusias dan semangat dalam melakukan praktek pencarian dana ke masyarakat sekitar lingkungan UTM sebagai wujud aplikasi ilmu yang telah diperoleh. Dan masih banyak lagi keistimewaan – keistimewaan di kelas-kelas LDK lain yang diselenggarakan oleh panitia.
        Usai mengikuti sekolah LDK maka diselenggaranlah pemilihan PUSKOMDA dan tuan rumah FSDA-VII Suraya yang diikuti oleh peserta-perseta sidang komisi A, komisi B dan komisi C pada saat yang sama dengan sekolah LDK serta beberapa pihak yang berkaitan. Dari sidang inilah akhirnya terpilih Mas’ul JMMI ITS yakni akhina Fauzan sebagai ketua PUSKOMDA dan UKMBKI UWKS sebagai tuan rumah FSDA-VII. Semoga dengan terpilihnya kedua peranan penting ini mampu mempermudah tujuan dan gerak langkah kita kedepan sehingga kita mampu menghidupkan jalan dakwah ini, dan bukanlah kita yang mencari penghidupan melalui jalan  dakwah ini. Sampai jumpa ikhwahfillah  sekalian dalam FSDA-VII di UWKS di tahun 2015 mendatang dengan cerita dan strategi baru untuk tetap berjuang di jalan dakwah ini.



.