Kamis, 23 Mei 2013

Pentingkah Menulis?


Hal-hal yang membosankan bagi sebagian pelajar ataupun mahasiswa di Indonesia adalah menulis. Buktinya banyak pelajar bahkan mahasiswa yang tidak memiliki minat menulis. Anda tahu apa itu menulis? Menulis adalah menuangkan ide yang ada didalam pikiran kita kedalam sebuah rangkaian kata, ya betul. Tapi jangan di artikan bahwa menulis itu hanya sebatas menorehkan tinta yang menghasilkan jajaran huruf atau angka, didalam sebuah tulisan harus ada ide yang terkandung. Dalam artian banyak pelajar atau mahasiswa yang tidak bisa menulis itu bukan berarti tidak bisa menulis angka 1, 2, 3 atau serangkaian abjad a, b, c. tetapi dalam perspektif ini bukan menulis yang sesederhana itu, menyalin tulisan dari papan tulis ketika di kelas atau dari dikte guru atau dosen, melainkan tulisan yang mempunyai ide tau tujuan yang jelas.
            Siswa yang sering menulis di papan tulis belum tentu bisa membuat sebuah tulisan hasil karyanya sendiri karena ia menulis apa yang sudah ditulis pada buku yang ia lihat dan tanpa ada pengaruh ide dari pikirannya. Seorang yang sering menulis karya ilmiah maupun non-ilmiah inilah orang yang bisa disebut bisa menulis karena didalam sebuah karya ilmiah ataupun non-ilmiah tersebut mengandung tujuan dan ide atau gagasan yang jelas. Tujuan disini bisa dalam bentuk opini untuk mengkritisi kebijakan suatu lembaga, men-share-kan tips atau trik yang baru ditemukan ataukah sebuah ide dalam menyelesaikan problem negara dan bangsa.
            Didalam problem negara yaitu distributor, misal, dalam pemerataan pembangunan yang ada di kota dan di daerah yang kurang adil maka bisa dikritik lewat tulisan dalam problem bangsa. Atau pun dalam problem bangsa yaitu pluralism, misal, masih ada pertikaian antar agama, tulisan bisa berperan penting dalam menambah wawasan antar agama agar memahami kepentingan agama masing-masing. Mungkin saja mereka yang bertikai karena salah paham yang diakibatkan kurangnya pengetahuan akan kepentingan agama  lain sehingga mereka melakukan pertikaian. Di sini perlu ada wawasan yang luas yang diberikan kepada mereka lewat tulisan pentingnya memiliki sifat plural untuk kehidupan yang damai.
Dalam konteks ini menulis memang memiliki peran yang besar dalam kehidupan sehari-hari sehingga menulis itu sangat penting, salah satunya dalam mempengaruhi kebijakan. Selain menulis itu penting, timbul pertanyaan alasan kenapa menulis? Ada tiga alasan menulis menurut Jusman Dalle pada kulaih umum di acara RAPIMNAS FSLDK 1 di FK Uniar. Pertama, alasan Ideologi, alasan ini adalah bahwa tulisan sangat efektif untuk transportasi peradaban, bisa disimpulkan dengan menulis maka suatu budaya akan dikenal oleh beberapa generasi karena diabadikan melalui tulisan, budaya bisa bertahan dan dipelajari dengan adanya tulisan sebuah budaya yang ada didalam buku. Kedua, alasana ekonomi, menulis selain mempunyai tujuan memperngaruhi suatu kebijakan juga secara tidak langsung berkitan dengan ekonomi, banyak penulis yang membuat buku yang  bisa menghasilkan pendapatan dari hasil penjualan buku tersebut. Ketiga, alasan sosial, alasan ini adalah alasan yang tidak disadari dirasakan oleh seorang penulis, misal, karena si A seorang penulis maka prestasinya dalam menulis dihargai oleh pembaca maupun orang terdekatnya.
Sebagaimana tulisan bisa mempengaruhi kebijakan atau mengubah stigma masyarakat tentang suatu peristiwa atau suatu image objek tertentu, maka banyak yang menghargai bahkan takut terhadap ide yang ada didalam tulisan. Napoleon Bonaparte pernah berkata, “saya lebih takut kepada pena seorang penulis, ketimbang seribu bedil tentara musuh”. Karena itulah tulisan mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan. Coba bayangkan jikalau semua orang didunia berhenti menulis selama 10 tahun saja, bagaimana yang akan terjadi didunia ini. Semua peristiwa tidak akan terekam dalam sebuah tulisan yang merupakan transportasi budaya dan transportasi peristiwa sejarah.
Apalah arti sebuah ide kalau tidak ada tindakan atau tidak dituangkan dalam sebuah tulisan. Maka para aktivis pencetak sejarah abadikanlah sejarah teman semua ke dalam sebuah tulisan dan abadikan pula setiap peristiwa saat ini yang akan menjadi sejarah di masa depan.


                                                                                                                                     Oleh : Ijud

Reaksi:

1 komentar:

Posting Komentar

.